MASIGNASUKAv102
5205159268100262409

Aku dan Blog LitaFuss

Selasa, 01 Oktober 2019

LitaFuss. Nama lengkapku Petrolita Nufus, dan biasa dipanggil Lita. Tapi di media sosial aku sering menggunakan nama Lita Fuss, agar terlihat unik dan beda.


Aku adalah sulung yang terlahir dari seorang Ibu yang luar biasa semangatnya,  seorang istri dari suami yang sangat sabar dan setia (ehemm..) dan juga seorang ibu dari 4 anak yang sholeh dan sholeha…aamiin yaa rabbal’alamiin.


Ini adalah Blog ke-5 ku setelah sekian purnama aku tak berhasil menghias dan merawat blog-blogku yang terdahulu. Tujuan membuat blog saat itu hanya untuk berjualan saja. Ternyata membuat, mengisi dan merawat blog butuh kemauan dan semangat yang tinggi ya…


Trus, mengapa sekarang aku membuat blog lagi?


Awalnya karena aku suka membaca. Membaca buku-buku cerita kemudian novel dan berlanjut membaca buku-buku non fiksi juga artikel-artikel di berbagai media. Setelah membaca, aku selalu membayangkan betapa kerennya menjadi seorang penulis. Menurutku seorang penulis pastilah orang yang pintar, pengetahuannya harus luas, banyak pengalaman dan bisa menginsipirasi banyak orang.


Aku jadi tertarik melihat profil para penulis. Penulis apa saja, penulis buku, novel, bloger bahkan penulis status di media sosial yang tulisannya tidak terlalu panjang tapi menarik. Sampai kemudian aku menemukan beberapa nama penulis buku dan bloger yang bersedia berbagi ilmu tentang kepenulisan. Beberapa penulis dan blogger yang menjadi inspirasiku adalah Bang Tere Liye, Pak Indra Noveldy, Mba Sitta Karina, Mbak Naqiyyah Syam dan Mas Ilham Sadli. Ada juga beberapa teman yang menginspirasi melalui tulisannya yang telah menjadi buku dan naskah cerita.

Untuk membuat blog dan menulis artikel di blog aku belajar dengan Mbak Naqiyyah Syam dan Mas Ilham Sadli melalui kuliah online di WAG.
Mbak Naqiyyah Syam adalah seorang Founder of Tapis Blogger. Penulis 35 buku antologi, duet dan solo. Karyanya telah dimuat diberbagai media seperti Kompas, Femina, Majalah Gadis, Majalah Ummi, Lampung Post dan lainnya.
Mas Ilham Sadli adalah seorang Freelance Blogger, Redaktur Majalah Quran dan Ketua Forum Lingkar Pena Cabang Jember. Dari beliau-beliau inilah aku belajar dan dipaksa untuk membuat blog. Maka lahirlah LitaFuss.blogspot.com ini.




Menulis sebenarnya tidak terlalu asing buatku. Dari kecil aku suka menulis, menulis fiksi tepatnya. Tentu saja hobi menulisku saat itu berawal dari kegemarannku membaca buku-buku cerita. Pembacaku hanya saudara dan teman sekelas kadang juga beberapa guru. Pembacaku sering menyuruhku mengirim cerpenku ke majalah kala itu. Tapi aku masih sangat malu.


Aku berhenti menulis ketika SMA kelas 2 karena hasil karyaku di kritik temanku, katanya alurnya melompat-lompat dan tidak jelas. Aku makin tak percaya diri hingga saat ini.


Sekarang aku mau nekat menulis di blog?


Umurlah yang menyadarkanku…

Aku sudah pikun. Sangat pelupa. Menurut beberapa sumber, menulis bisa menjadi salah satu obat penawar pikun yang ampuh.  Menulis lebih dari sekedar membaca, bisa menggerakkan fungsi otak yang mulai membeku. Dengan menulis kita telah membuka memori yang lama tidak kita buka dan mencari tahu yang kita belum tahu. Smoga obat ini cocok buatku. Bukan hanya sebagai obat penawar pikun, tapi juga menjadi obat penambah rasa percaya diriku.  Obat pengisi waktu juga penawar rindu jika aku sedang galau dan bingung harus berbuat apa.

Dengan menulis di blog aku ingin berbagi inspirasi tentang apa saja. Tentang resep masakan yang menjadi andalanku, wisata kuliner dan beberapa informasi tempat wisata yang kami kunjungi. Aku juga ingin menghadirkan cerita-cerita yang sederhana namun bisa menginspirasi kita. Semoga aku bisa memanfaatkan sisa umurku ini untuk berbuat sesuatu yang berguna untuk sesama. Semangat..



Ayo Sobatku, kita ramaikan dunia blog dengan hasil karya tulisan kita…