MASIGNASUKAv102
5205159268100262409

Keluarga adalah Sumber Inspirasi

Rabu, 11 September 2019


Keluarga adalah Sumber Inspirasi.
Pernahkah mengalami kebingungan ingin berbuat sesuatu tapi tidak tahu mau berbuat apa? Apalagi saat kita sedang galau karena merasa kurang berarti, kurang produktif, kurang percaya diri dan merasa hidup kita begitu-begitu saja tak ada kemajuan. Kita ingin sekali berbuat sesuatu yang bermanfaat, yang membanggakan, yang bisa membuat orang lain melihat  dan menganggap kita ada, tapi bingung apa yang harus kita lakukan. Aku pernah mengalami hal seperti itu beberapa kali.  Dan ternyata kita tak perlu sampai galau apalagi terpuruk, karena sebenarnya banyak hal-hal yang bisa kita lakukan untuk memperbaiki keadaan. 


Mencari Inspirasi 
Langkah awal kita adalah mencari inspirasi terlebih dahulu. Apakah inspirasi itu? Dalam  kehidupan sehari-hari  kita mungkin sering mendengar kata inspirasi, namun ketika kita  ditanya mengenai apa arti kata inspirasi, kita mungkin akan kebingungan dalam  menjelaskannya. Dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) arti kata inspirasi adalah ilham. Arti kata ilham menurut KBBI  yaitu sesuatu yang menggerakkan hati untuk mencipta (mengarang syair, lagu, dan sebagainya).

Inspirasi itu tentu saja yang bisa menggerakkan kita untuk berbuat sesuatu yang bermanfaat. Inspirasi biasanya datang setelah kita melihat, mendengar atau merasakan sesuatu yang menyentuh. Inspirasi bisa datang kapanpun, dimanapun dan dari siapa saja. Kita tak perlu jauh-jauh dulu mencari inspirasi. Kita bisa mencari inspirasi dari orang-orang yang paling dekat dengan kita dulu, yaitu keluarga. 


Keluarga adalah Sumber Inspirasi
Keluarga adalah sumber inspirasi pertama kita  untuk melakukan sesuatu yang bermanfaat. Karena keluargalah yang bisa menjadi penggerak semangat kita untuk terus maju, sabar, ikhlas dan pantang menyerah. Bagaimana keluarga menjadi sumber inspirasi bagi kita? Berikut ini penjelasannya :


1.   Orang Tua

Sumber pertama pastilah orang yang paling sayang dengan kita, yang paling tulus merawat dan menjaga kita. Siapa lagi kalau bukan orang tua kita. Bersyukurlah jika orang tua kita masih ada. Kita masih diberi kesempatan untuk melakukan banyak hal, walaupun dengan cara-cara yang sederhana namun bisa membuat mereka bahagia dan insyaallah mendapatkan balasan surga dari Allah SWT.

Belajarlah dari perjalanan hidup mereka. Pengalaman hidup mereka yang tidak baik, kita bisa ambil hikmahnya kemudian kita perbaiki sehingga kita tidak mengulang kesalahan yang sama. Pengalaman hidup mereka yang bermanfaat kita bisa terapkan dalam kehidupan kita selanjutnya bahkan mungkin bisa kita sempurnakan menjadi lebih baik lagi.

Bersyukurlah jika masih diberi kesempatan membuat orang tua bahagia.


2.   Pasangan Hidup

Hidup bersama pasangan tentu saja banyak sekali liku-liku yang harus dihadapi. Namun jika kita mau membuka diri, justru bisa menjadi ladang pahala bagi kita. Inspirasi juga bisa datang dari kritik dan saran dari pasangan lho. Jalinan komunikasi yang hangat dengan pasangan kunci utamanya sehingga kita bisa melakukan banyak hal untuk melakukan yang bermanfaat untuk pasangan kita.


3.   Anak

Anak-anak adalah sumber inspirasi yang tiada henti bagi kita. Kita seperti kelebihan energi jika melakukan sesuatu untuk anak-anak kita, bukan? Kita selalu ingin melakukan yang terbaik untuk anak kita walaupun dalam keadaan lelah dan sedih. Melihat senyum mereka saja bisa membuat kita sangat bahagia. 


Tentu masih ada sumber inspirasi yang bisa menggerakkan kita untuk berbuat sesuatu, menumbuhkan semangat baru dan membuat hidup kita lebih bergairah dan bermanfaat. Namun keluargalah sumber inspirasi yang paling dekat dengan kita, bukan? Semoga bermanfaat.